Kamis, 31 Desember 2009

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Ebbut yang dikutip Kasbolah (1998:13-14) mendefinisikan tindakan kelas sebagai studi yang sistematis yang dilakukan dalam upaya memperbaiki praktek-praktek dalam pendidikan dengan melakukan tindakan praktis dari tindakan tersebut. Dalam penelitian tindakan kelas ini ada beberapa keunggulan yaitu :

1) Peneliti tidak harus meninggalkan tempat dimana dilakukan penelitian.

2) Peneliti dapat merasakan hasil dari tindakan yang telah direncanakan.

3) Bila perlakuan dilakukan pada responden maka responden dapat merasakan hasil treatment (perlakuan) dari peneliti tindakan tersebut.

Penelitian tindakan mengenal adanya empat langkah penting yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Keempat aspek tersebut merupakan momen-momen dalam bentuk spiral dan dipandang sebagai satu siklus (Anonim, 1999:20).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar